Twitter

Sistem Operasi dan Fungsi Sistem Operasi

Tidak ada komentar
Linux Logo
Sistem Operasi dan Fungsi Sistem Operasi- Kali ini kita akan sedikit mengulas tentang Operating System atau OS, sesuatu yang sering kita dengar tapi tidak banyak dari kita yang tahu apa pengertian dari OS itu sendiri.
Operating system(Sistem Operasi) dalam sebuah PC diibarat sebagai komponen yang sangat vital, karena tanpa adanya operating system dalam computer kita maka komputer itu belum dapat digunakan. Sistem operasi menjalankan segala perangkat lunak yang digunakan, dan mengorganisasikan setiap perangkat keras pada komputer.
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer, tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka.
Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari Sistem Operasi:
  • Mengelola sumber daya yang terkait dengan pengendalian perangkat lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
  • Mempersiapkan agar program software dapat berinteraksi dengan hardware secara konsisten dan stabil tanpa harus mengetahui secara detail hardware.
  • Melakukan pengelolaan proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
  • Melakukan pengelolaan data pengendalian terhadap data input/output.
  • Melakukan penerjemahan sebagai perantara komunikasi antara komputer dengan user.
  • Mengatur pembagian dan pengiriman instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer

Tidak ada komentar :

Posting Komentar