Twitter

CARA MERAKIT PC

Tidak ada komentar
Hey sobat kali ini saya mau kasih tips cara merakit PC dengan mudah sebelum kita merakit kita harus tau apa itu sick PC atau komputer,komponen komputer itu apa saja gak usah lama-lama kita ke TKP aja….
Pengertian Komputer
          Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang mempunyai kemampuan bekerja terpadu untuk menerima masukan (input), mengolah data dan menghasilkan keluaran (output), dimana data yang dapat tersebut bias disimpan. Komputer tersebut dapat melakukan berbagai operasi seperti kalkulasi, menayangkan teks, dan grafis (citra gambar), mengakses data / teks melalui intruksi atau program yang diberikan menjadi informasi, Melakukan komputerisasi, mentransfer, dan mengakses data.
Perangkat Komputer dibagi menjadi 2 yaitu :
§ Perangkat Lunak (software).
1. Segala macam program komputer, seperti DOS, Microsoft Windows, Linux, dan    sebagainya.
2. Segala macam bahasa yang digunakan untuk komputer, seperti Pascal, Basic, Fox Pro dan lain sebagainya.
§ Perangkat Keras (hardware) terdiri atas :
1. Pengolah Data (CPU=Central Proccesing Unit).
2. Monitor untuk menampilkan data atau gambar.
3. Keyboard untuk memilih atau memberikan masukan ke CPU.
4. Mouse untuk memilih suatu perintah kemudian memrintahkan CPU untuk menjalankannya.
5. Printer untuk mencetak hasil di atas kertas.
Komponen-komponen komputer
          “Sebelum merakit sebuah PC, kita harus mengetahui seluruh komponen dan bagian-bagiannya. Dikhawatirkan bisa terjadi salah pasang atau salah menghubungkan berbagai kabel maupun socket, hal tersebut sangat berbahaya dan sangat fatal. Komputer bisa saja terjadi hubungan arus pendek atau korsleting, hal tersebut tentu saja bisa merusak komponen-komponen di dalam PC tersebut.”
A. Monitor
          Adalah layar atau alat untuk menampilkan hasil data atau gambar. Dulu monitor berupa monitor tabung, tapi sekarang sudah berkembang pesat yaitu berupa layar / monitor LCD (Liquid Crystal Display).
B.Keyboard
           Adalah alat untuk memilih dan memberikan masukan ke CPU. Keyboard juga salah satu komponen utama dalam suatu komputer.
C.CPU
          Adalah alat untuk memproses data berupa perintah dari mouse maupun masukan dari keyboard dan menghasilkan output yang akan ditampilkan di layar monitor.
D.Mouse
          Adalah alat untuk memberi perintah ke CPU. Kemudian CPU melanjutkan perintah tersebut untuk dijalankan
§ Sebelum sobat merakit komputer kita harus persiapan dan peralatan yaitu:Sebaiknya sobat melakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu,siapkan meja yang cukup lebar untuk menaruh semua peralatan dan perlengkapan.
§ Sobat sebaiknya Jangan merokok karena abu rokok dapat merusak komponen PC terutama PROSESoR,tempatkan air minum Anda jauh dari tempat meja kerja Anda,sert apenerangan yang cukup.
§ Dan sobat harus mempersiapkan obeng +/-,sarung tangan dan gelang listrik buat melindungi tangan.
Sebelum memasang sobat harus tau bagian-bagian Mother Board agar tidak salah pasang di bawah ini adalah gambar Mother Board:
clip_image001
eah sobat belom tau apa itu Mother Board.oke saya akan menjelaskan mother board semoga aja sobat paham….???
         Motherboad adalah komponen utama sebuah kommputer,dikarenakan dimana tempat komponen komputer lainnya menginduk ke komponen ini,seperti :Harddisk,Drive optik,Prosesor,Memory,Video Card,Floopy Disk. Motherboard sendiri menyediakan integrasi dan komunikasi data yang memungkinkan komputer bekerja dengan baik.So,pemasangan komponen komputer dalam kegiatan merakit komputer pada dasarnya adalah memasangnya ke motherboard.
Setelah sobat tau mother board langkah untuk merakit komputer sebagai berikut:
MEMASANG PROSESOR
clip_image002
Prosesor adalah otak komputer.Oleh karena itu biasanya dipasang paling duluan walaupun sebenarnya tidak apa-apa seandainya tidak dipasang paling awal.Hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai prosesor adalah kecocokan antara jenis prosesor dan soket di motherboard. Gunakan prosesor yang memakai soket yang didukung oleh motherboard Anda atau bisa juga sebaliknya memilih motherboard yang sesuai dengan jenis prosesor yang ingin Anda gunakan.
TIP & TRIK
“JANGANLAH ANDA MEMAKSA MEMASUKAN PROSESOR KE DALAM SLOTNYA DENGAN PENEKANAN,SEANDAINYA PROSESOR TIDAK BISA MASUK SECARA SEMPURNA KE SOKETNYA,PASTI ADA KESALAHAN DALAM PEMASANGANYA,LEBIH BAIK ANDA MENCABUTNYA KEMBALI”
MEMASANG KIPAS PROSESOR
PROSESOR DALAM BEKERJA BISA MENIMBULKAN PANAS YANG DAPAT MERUSAK PROSESOR TERSEBUT.
Untuk itulah diperlukan pendingin prosesor seperti air,thermal Coller dan sebagainya.Namun uyang paling sering dijumpai adalah cooling fan atau sering Kita sebut “Kipas Prosesor”.Kipas prosesor umumnya Anda dapatkan dalam satu paket bersamaan ketika Anda membeli Prosesor.
clip_image003
Perhatikan komponen logam di tengah prosesor,komponen yang menonjol tersebut dinamakan THERMAL CORE dari prosesor tersebut,berguna untuk menyalurkan panas dari prosesor.
clip_image004
Gambar di atas Fan Prosesor
Terdiri dari 2 Bagian yaitu :
1.Bagian Atas berfungsi sebagai kipas untuk mendinginkan fan prosesor bagian bawah
2.Bagian Bawah berfungsi sebagai logam untuk pelepasan panas.Dibagian bawah fan prosesor terdapat pengait untuk memasang komponen tersebut keatas prosesor di motherboard.
DVD ROOM & HARD DISK
Memasang DVD ROOM dan hard disk,terlebih dahulu hardisk dimemasukan kedalam cassing,sesuai dengan posisinya,dan dibaut kembali supaya tidak bergerak,sambil ditahan DVD supaya posisi tidak berubah.Pastikan tidak goyang,kemudian hardisk kita pasang.
clip_image005 clip_image006
Gambar  di atas Hard Disk                             Gambar di atas DVD Room
PEMASANGAN RAM & SOKET KOMPONEN PC
Memasang Ram di mainboard,pastikan sudah terkunci dengan kuat,kemudian memasang soket2 yang lain.(USB,POWERFUN,switch power,RESET,Hard disk LED,dan power lampu,AUDIO).dimana semua sudah tertera di MAIN BOARD semuanya,pastikan semuanya sudah kencang.Memasang kabel SATA (ada soket 4) cara pemasanganya harus teratur.untu posisi 1 untuk ke DVD (harus pas,apabila tidak pas,tidak terdeteksi),kemudian soket 2 u)ke hardisk,kemudian pasang kabel power untuk ke hardisk dan CD Room,pastikan soket dalam keadaan tertutup.
clip_image007
Gambar RAM
POWER SUPLY
adalah alat untuk mengubah tegangan listrik menjadi tegangan yang sesuai dengan yang dibutuhkan atau komponen komputer yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer,lebih khusus biasanya dirancang untuk mengkonfersi arus listrik bolak balik menjadi arus listrik searah.
clip_image008
Gambar Power Suplay
Begitulah sobat cara merakit komputer bila ada kekurang silahkan kasih saran untuk perbaikan selanjutnya yang lebih baik,semoga bermanfaat.clip_image009

Tidak ada komentar :

Posting Komentar