Twitter

Menghasilkan Uang di Internet dengan Blog

Tidak ada komentar
menulis artikel blog
Bagi seseorang yang suka menulis, mendapatkan penghasilan tambahan melalui Internet dapat dilakukan dengan mudah. Banyak yang mendapatkan uang dari hasil karya tulisnya dengan menggunakan sebuah situs. Bisa dengan membuat blog gratis, berbayar, website, atau toko online pribadi.

Dengan memanfaatkan berbagai media yang ada di Internet, kita dapat membangun usaha yang akan menghasilkan pekerjaan tambahan yang hanya dilakukan di rumah. Disini saya akan mencontohkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog. Tutorialnya dapat anda baca di artikel Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogger.

Sebagai langkah awal yang tepat dalam memulai usaha, berikut tips-tipsnya :
  1. Luangkan waktu untuk mencari informasi usaha online melalui buku, majalah, atau koran untuk anda jadikan bahan motivasi langkah usaha anda kedepannya dan sebagai pedoman.
  2. Tentukan tujuan, bakat, dan kemampuan yang anda miliki.
  3. Pikirkan semua aspek yang dibutuhkan untuk menunjang usaha anda. Contoh : Modal, Anggaran, Pekerja, Product, Riset Pasar, Keuntungan dan lain sebagainya.
  4. Ruang Usaha. Buat Sebuah tempat khusus dimana anda akan memulai bisnis online anda tersebut. Apabila di rumah dan anda melakukan bisnis berjualan kue maka anda harus memiliki Dapur yang besar.
  5. Pastikan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku dan harus memiliki izin.
  6. Buat Anggota keluarga terlibat dalam bisnis anda.
  7. Product yang anda jual harus aman, tanpa bahan kimia, bahan peledak, dan sebagainya.
  8. Bangun Kepercayaan kepada pembeli.
Dengan mempersiapkan langkah-langkah diatas, kita dapat membuat bisnis online di rumah dengan mudah. Tentu saja kita juga harus memliki kesabaran dan teliti dalam mendatangkan banyak pengunjung / pembeli.

Setelah mengetahui beberapa langkah untuk memulai usaha bisnis anda, sekarang saya akan membahas untuk semua orang yang ingin menghasilkan uang melalui blog.

Kriteria blog yang dapat menghasilkan uang adalah blog yang memiliki pengunjung banyak, pagerank tinggi, dan memiliki reputasi yang baik. Untuk mendapatkan itu semua, anda harus bekerja keras, ulet, rajin, fokus, serta konsisten terhadap blog tersebut. Dalam kurun waktu 3 bulan, barulah anda dapat mendaftarkan ke berbagai perusahaan iklan di Internet.

Dalam jangka waktu 3 bulan tersebut anda harus membuat artikel yang berkualitas setiap harinya, melakukan submit ke search engine, directory,atau bookmark, dan mempromosikan blog anda ke social networking.

Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang melalui blog di internet :

1. Paid to Write
Ini merupakan salah satu model moneytize blog melalui program pay per post ( dibayar per-posting artikel ). Anda diminta untuk membuat artikel dengan menggunakan bahasa inggris tentunya mengenai produk dan layanan yang telah ditentukan. Dalam beberapa program, anda dapat mengatur sendiri berapa besar pembayaran untuk setial artikelnya.

Contoh dari program ini antara lain :
Payperpost http://payperpost.com
Smorty http://smorty.com
Blogvertise http://blogvertise.com
SponsoredReviews http://sponsoredreviews.com
Blogging Ads http://bloggingads.com
Blogitive http://my.blogitive.com/pages/howto

dan ada juga yang menggunakan bahasa Indonesia karena merupakan program lokal.

Biasanya untuk diterima dalam program tersebut, nilai pagerank google anda minimal 1 dan memiliki rangking alexa di bawah 500.000. Untuk itu, anda harus bekerja keras agar blog anda memiliki konten yang unik dan berkualitas sehingga memiliki pagerank dan peringkat tinggi.

2. Paid To Click
PTC adalah sebuah program pemasangan iklan di bagian halaman blog yang apabila di klik oleh pengunjung maka kita akan meraih penghasilan. Beberapa PTC terkenal juga menghitung pendapatan melalui pageviews dan hasil pencarian mereka. Untuk itu, semakin blog anda banyak pengunjung maka semakin besar pula penghasilan anda.

Beberapa PTC Terkenal dengan bayaran tertinggi adalah sebagai berikut :
Sedangkan untuk di PTC lokal Indonesia adalah Idblognetwork , Sitti Ads, Adsensecamp, Kumpulblogger dan lainnya.
Apply to be a Chitika Publisher!

$20 in FREE Clicks for everyone from BidVertiser - Click Here!

Untuk mengikuti PPC tersebut, masing-masing memiliki persyaratan yang berlaku. Salah satu syarat utamanya adalah anda tidak boleh copy paste artikel dari orang lain dan tidak membuat artikel yang mengandung hak cipta, merk dagang, SARA, dan lain sebagainya.

3. Menjadi Freelance
Banyak perusahaan nirlaba yang memiliki website / blog tetapi kurang memiliki SDM (Sumber Daya Manusia). Anda dapat menjadi tenaga kerja freelance untuk menjadi penulis konten, merawat blog, mempromosikan product mereka atau lainnya.

Anda harus memiliki gaya menulis yang kreatif dan inovatif dengan kemampuan grammar yang baik. Selain itu, bukan hanya menulis artikel anda juga bisa menjadi Programming, Developers Game,Publisher dan sebagainya.

Sebagai contoh anda dapat berkunjung ke elance.com untuk mendapatkan jobs.
Dalam menghasilkan penghasilan di media Internet dibutuhkan kerja keras, konsistensi, produktifitas, dan kreatifitas. Memulai memang sangat berat, tetapi pada nantinya anda akan mendapatkan hasil yang begitu besar. Bukankah menghasilkan uang di internet itu mudah ?

Tidak ada komentar :

Posting Komentar